MAKALAH
TENTANG
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
DAN PENGARUHNYA BAGI REMAJA
oleh
M.ILHAM
ARIYANTO
JURUSAN TEKNIK MESIN
FAKULTAS TEKNOLOGI
INDUSTRI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2018
KATA PENGANTAR
Pertama-tama saya
ingin mengucapkan puji dan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa yang telah memberkati
saya sehingga makalah ini dapat diselesaikan dengan baik walaupun jauh dari
kesempurnaan.dimana tugas ini disusun dan diajukan untuk memenuhi tugas
mata pelajaran ‘Bahasa Indonesia’.
Dengan terselesainya
makalah ini penulis
mengucapkan terima kasih kepada:
1. selaku guru mata pelajaran Bahasa Indonesia yang telah membimbing penulis dalam proses pembelajaran.
2. Kepada teman-teman
yang telah memberikan bantuan dalam proses pencarian bahan unruk pembuatan makalah yang tidak dapat
disebutkan satu persatu.
Saya mengakui bahwa saya adalah manusia biasa yang
mempunyai kekurangan dan kelebihan dalam
berbagai hal. Saya merasa masih banyak kekurangan dari makalah saya ini. Karena
tidak semua hal yang dapat saya deskripsikan dengan sempurna dalam makalah ini. Saya telah
melakukannya dengan semaksimal mungkin dengan kemampuan yang saya miliki.
Mungkin ini yang dapat saya selesaikan. Apabila ada
kritik dan saran dari pembaca, saya bersedia menerima semua kritik dan saran
tersebut. Karena kritik dan saran ini sebagai batu loncatan yang dapat
memperbaiki makalah saya dimasa mendatang.sehingga saya akan berusaha untuk menyelesaikan makalah dengan lebih baik lagi. Dengan menyelesaikan makalah ini saya
mendapatkan banyak manfaat yang membangun semangat saya sehingga saya bisa
mengerti tentang pembelajaran ini dan juga banyak yang dapat saya petik dan diambil dari makalah ini.
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
1.2 Identifikasi Masalah
1.3 Perumusan Masalah
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Teknologi Informasi
2.2 Peranan
Teknologi Informasi
2.3 Kehadiran
Teknologi Internet
2.4 Kemajuan
Teknologi dan Pengaruh Pada Kehidupan Remaja
2.5 Dampak
Positif dan Negatif Perkembangan Teknologi
2.6 Solusi
BAB III PENUTUP
3.1. Kesimpulan
3.2. Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR BELAKANG
Teknologi
Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk
memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai
cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang
relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi,
bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk
pengambilan keputusan.Teknologi ini menggunakan seperangkat komputer untuk
mengolah data, sistem jaringan untuk menghubungkan satu komputer dengan
komputer yang lainnya sesuai dengan kebutuhan, dan teknologi telekomunikasi
digunakan agar data dapat disebar dan diakses secara global.
Peran
yang dapat diberikan oleh aplikasi teknologi informasi ini adalah mendapatkan
informasi untuk kehidupan pribadi seperti informasi tentang kesehatan, hobi,
rekreasi, dan rohani. Penerapan teknologi informasi telah begitu pesat. Banyak
hal yang menguntungkan pengguna namun juga sering membawa dampak tidak
menyenangkan.Sopan santun berkomunikasi melalui teknologi seperti telepon seluler
(ponsel), dan email cenderung terabaikan. Penggunaan teknologi sering tidak
memperhatikan etika berkomunikasi.
1.1.1.
Pengaruh Teknologi di Kalangan Remaja
1.1.2.
Manfaat Teknologi Bagi Remaja
1.1.3.
Manfaat Teknologi Bagi Kehidupan Kita
1.2. Identifikasi Masalah
1.2.1 Pengaruh Teknologi Bagi Remaja
1.2.2 Manfaat Orang Tua Terhadap
Teknologi
1.2.3 Menciptakan Remaja yang Aktif
Dalam Teknologi
1.3 Perumusan Masalah
1.3.1 Bagaimana perkembangan,
pengaruh/ dampak serta cara penanggulangan Teknologi Informasi di era
Globalisasi ini
1.3.2 Manfaat Perkembangan Teknologi
di era Globalisasi
1.3.3 Menciptakan Teknologi Maju di
Masa Mendatang
BAB II PEMBAHASAN
2.1 Teknologi Informasi
Teknologi Informasi dilihat dari
kata penyusunnya adalah teknologi dan informasi. Secara mudahnya teknologi
informasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi
dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan:
a.
Lebih cepat
b.
Lebih luas sebarannya, dan
c.
Lebih lama penyimpanannya
Pengertian Teknologi
Informasi adalah
suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen
sistem informasi berbasis komputer, terutama pada aplikasi hardware (perangkat
keras) dan software (perangkat lunak komputer). Secara sederhana, Pengertian
Teknologi Informasi adalah fasilitas-fasilitas yang terdiri dari perangkat
keras dan perangkat lunak dalam mendukung dan meningkatkan kualitas informasi
untuk setiap lapisan masyarakat secara cepat dan berkualitas.
Sedangkan menurut Wikipedia, bahwa pengertian teknologi Informasi (IT) adalah istilah umum tekologi untuk membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan menyebarkan informasi. Tujuan teknologi informasi adalah untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam aktivitas manusia.
Sedangkan menurut Wikipedia, bahwa pengertian teknologi Informasi (IT) adalah istilah umum tekologi untuk membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan menyebarkan informasi. Tujuan teknologi informasi adalah untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam aktivitas manusia.
Pengertian Teknologi Informasi
(IT) Menurut Para Ahli
- Haag dan Keen (1996): Pengertian teknologi informasi menurut Haag dan Keen bahwa teknologi informasi adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
- Oxford English Dictonary (OED): Pengertian teknologi informasi menurut Oxford English Dictionary adalah hardware dan software dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalah konteks bisnis atau usaha.
- Williams dan Sawyer (2003): Menurut williams dan sawyer, bahwa pengertian teknologi informasi adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.
- Martin (1999): Menurut martin bahwa teknologi informasi merupakan teknologi yang tidak hanya pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan mencaku teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarluaskan informasi.
Fungsi Teknologi Informasi
Fungsi Teknologi Informasi (IT) - Ada enam fungsi Teknologi Informasi antara lain sebagai
berikut...
1.Menangkap(Capture)
1.Menangkap(Capture)
2. Mengolah (Processing); Mengolah/memproses data masukkan yang diterima untuk menjadi suatu informasi. Pengolahan atau pemrosesan dapat berupa pengubahan data ke bentuk lain (konversi), analisis kondisi (analisis), perhitungan (kalkulasi), penggabungan (sintetis), segalah bentuk data dan informasi.
3. Menghasilkan (Generating); Menghasilkan atau mengorganisasi informasi dengan bentuk yang berguna. Contohnya laporan, grafik, tabel dan sebagainya.
4. Menyimpan (Store); Merekam atau menyimpan data dan informasi ke dalam suatu
media untuk keperluan lainnya. Contohnya disket, hardisk, tape, compact disk
dan sebagainya.
5. Mencari kembali (Retrival); Menelusuri mendapatkan kembali informasi atau menyalin (copy) data dan informasi yang telah tersimpan, contohnya spplier yang sudah lunas, dan
sebagainya.
6. Transmisi (Transmission); Mengirim data dan informasi dari suatu lokasi ke lokasi yang lain dengan melalui jaringan komputer. Contohnya mengirimkan data penjualan ke user A ke user lainnya, dan sebagainya.
Pada awal sejarah,
manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi. Bahasa
memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain.
Tetapi bahasa yang disampaikan dari mulut ke mulut hanya bertahan sebentar
saja, yaitu hanya pada saat si pengirim menyampaikan informasi melalui
ucapannya itu saja. Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan
si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu
jangkauan suara juga terbatas. Untuk jarak tertentu, meskipun masih terdengar,
informasi yang disampaikan lewat bahasa suara akan terdegradasi bahkan hilang
sama sekali.
Setelah itu teknologi penyampaian
informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa
lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain.
Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama.Beberapa gambar peninggalan
jaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba)
memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.
Ditemukannya alfabet dan angka
arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang
sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi
alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943.
Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.
Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat
lagi. Teknologi elektronik seperti radio, tv, komputer mengakibatkan informasi
menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.
Pengertian umum
Multimedia
Pengertian
Multimedia – Kemajuan di dunia teknologi membuat segala sesuatunya menjadi
lebih mudah dan praktis. Ada banyak temuan-temuan baru di dunia teknologi yang
dapat mempermudah dan mempercepat berbagai macam aktivitas yang dilakukan oleh
manusia. Penemuan di dunia teknologi informasi saja misalnya. Jika pada jaman
dahulu informasi hanya disebarkan dengan menggunakan salah satu media saja,
maka saat ini informasi dapat disebarkan dengan menggunakan berbagai macam
media sekaligus.
Televisi saja
contohnya, di televisi, Anda dapat menikmati sajian informasi dalam bentuk
suara, gambar, grafik, tulisan, animasi, dan juga video secara bersamaan. Hal
ini tentunya membuat proses penyampaian informasi menjadi lebih akurat dan juga
menyenangkan.
Teknologi yang
diaplikasikan dalam media informasi ini disebut dengan multimedia. Lantas
apakah arti dari multimedia itu?
Jika diartikan
dari frasa katanya, maka multimedia dapat diartikan sebagai beberapa gabungan
media. Meskipun dapat diartikan seperti itu, akan tetapi pada dasarnya,
multimedia memiliki cakupan yang jauh lebih luas dari sekedar gabungan beberapa
media.
Pengertian
Multimedia menurut Para Ahli
Mc.Comick, 1996
Menurut Mc.
Comick, Multimedia merupakan gabungan dari tiga buah elemen penting yang ada di
dalamnya yaitu suara, tulisan, dan gambar.
Robin dan Linda,
2001
Menurut Robin dan
Linda, Multimedia adalah sebuah alat yang dapat digunakan sebagai media presentasi
yang lebih interaktif dan dinamis dimana dalam media ini penggunanya dapat
mengkombinasikan berbagai macam data seperti teks, grafik, video, animasi, dan
juga audio.
Hofstekter, 2001
Menurut
Hostekter, Multimedia dalam konteks komputer merupakan pemanfaatan komputer
sebagai media untuk membuat dan juga menyatukan data gambar, teks, grafik, dan
audio dengan menggunakan perangkat lunak yang memungkinkan penggunanya untuk
bisa berkreasi, berinteraksi dan berkomunikasi.
Turban, dkk, 2002
Menurut Turban,
dkk, pengertian Multimedia adalah kombinasi dari dua buah media berupa input
dan output. Media yang dikombinasikan dapat berupa audio, video, teks, gambar,
grafik, dan animasi.
Jenis Multimedia
berdasarkan Karakteristiknya
Dilihat dari
karakteristiknya, multimedia dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu multimedia
linier dan multimedia interaktif.
Multimedia Linier
Multimedia linier
merupakan multimedia satu arah, artinya, pengguna multimedia ini hanya bisa
mendapatkan informasi saja, tanpa bisa bisa memberikan feedback yang besar
(meskipun ada hanya bersifat sekuensial). Contoh dari multimedia ini adalah
siaran televisi, film, dll.
Multimedia
Interaktif
Berbeda dari
multimedia linier, multimedia interaktif menyediakan berbagai kebebasan
nafigasi bagi para penggunanya. Pengguna multimedia interaktif dapat memberikan
berbagai macam feedback melalui berbagai macam alat kontrol yang disediakan.
Contoh dari multimedia ini adalah game, pemutar video, dll.
Demikianlah
tulisan mengenai pengertian multimedia dan jenis multimedia berdasarkan
karakteristiknya yang dapat kami sampaikan untuk Anda. Semoga dengan membaca
tulisan ini, Anda bisa mendapatkan informasi dan pengetahuan baru yang
bermanfaat dalam kehidupan
2.2 Peran Teknologi
Informasi
Dalam kehidupan kita dimasa
mendatang, sektor teknologi informasi dan
telekomunikasi
merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini,
maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya. Teknologi informasi banyak
berperan dalam bidang-bidang antara lain :
1.
Bidang pendidikan (e-education)
Tony Bates (1995) menyatakan bahwa
teknologi dapat meningkatkan kualitas dan jangkauan bila digunakan secara bijak
untuk pendidikan dan latihan, dan
mempunyai arti yang sangat penting bagi kesejahteraan ekonomi. Dari ramalan dan
pandangan para cendikiawan di atas dapat disimpulkan bahwa dengan masuknya
pengaruh globalisasi,pendidikan masa mendatang akan lebih bersifat terbuka dan
dua arah, beragam , multidisipliner, serta terkait pada produktivitas kerja dan
saat itu juga kompetitif.
Kecenderungan dunia
pendidikan di Indonesia di masa mendatang adalah:
a. Berkembangnya pendidikan terbuka dengan modus
belajar jarak jauh (Distance Learning). Kemudahan untuk menyelenggarakan
pendidikan terbuka dan jarak jauh perlu dimasukan sebagai strategi
utama.
b. Sharing resource bersama antar lembaga pendidikan /
latihan dalam sebuah jaringan
c. Perpustakaan & instrumen pendidikan lainnya
(guru, laboratorium) berubah fungsi menjadi sumber informasi daripada sekedar
rak buku.
d. Penggunaan perangkat teknologi informasi interaktif,
seperti CD-ROM Multimedia,dalam pendidikan secara bertahap menggantikan TV dan
Video.
Dengan adanya perkembangan teknologi
informasi dalam bidang pendidikan, maka pada saat ini sudah dimungkinkan untuk
diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk
menghubungkan antara mahasiswa dengan gurunya, melihat nilai mahasiswa secara
online, mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah, mengirimkan berkas tugas yang
diberikan guru dan sebagainya, semuanya itu sudah dapat dilakukan.Faktor utama
dalam distance learning yang selama ini dianggap masalah adalah tidak adanya
interaksi antara guru dan mahasiswanya.
Namun demikian, dengan media
internet sangat dimungkinkan untuk melakukan interaksi antara guru dan siswa
baik dalam bentuk real time (waktu nyata) atau tidak. Dalam bentuk real
time dapat dilakukan misalnya dalam suatu chatroom, interaksi langsung dengan
real audio atau real video, dan online meeting. Yang tidak real time bisa
dilakukan dengan mailing list, discussion group, newsgroup,
dan buletin board. Dengan cara di atas interaksi guru dan mahasiswa di
kelas mungkin akan tergantikan walaupun tidak 100%.
Bentuk-bentuk materi, ujian,kuis dan
cara pendidikan lainnya dapat juga diimplementasikan ke dalam web, seperti
materi guru dibuat dalam bentuk presentasi di web dan dapat di download oleh
siswa.Demikian pula dengan ujian dan kuis yang dibuat oleh guru dapat pula
dilakukan dengan cara yang sama. Penyelesaian administrasi juga dapat
diselesaikan langsung dalam satu proses registrasi saja, apalagi di dukung
dengan metode pembayaran online.
2.
Dalam Bidang Pemerintahan (e-government).
E-government mengacu pada penggunaan teknologi informasi oleh
pemerintahan,seperti menggunakan intranet dan internet, yang mempunyai
kemampuan menghubungkan keperluan penduduk, bisnis, dan kegiatan lainnya. Bisa
merupakan suatu proses transaksi bisnis antara publik dengan pemerintah melalui
sistem otomasi dan jaringan internet, lebih umum lagi dikenal sebagai world
wide web. Pada intinya e-government adalah penggunaan teknologi
informasi yang dapat meningkatkan hubungan antara pemerintah dan pihak-pihak
lain. penggunaan teknologi informasi ini kemudian menghasilkan hubungan bentuk
baru seperti: G2C (Governmet to Citizen), G2B (Government to Business),
dan G2G (Government to Government).
Manfaat e-government
yang dapat dirasakan antara lain:
1.
Pelayanan servis yang lebih baik kepada masyarakat. Informasi dapat disediakan
24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu, tanpa harus menunggu dibukanya kantor.
Informasi dapat dicari dari kantor, rumah, tanpa harus secara fisik datang ke
kantor pemerintahan.
2.
Peningkatan hubungan antara pemerintah, pelaku bisnis, dan masyarakat
umum.Adanya keterbukaan (transparansi) maka diharapkan hubungan antara berbagai
pihak menjadi lebih baik. Keterbukaan ini menghilangkan saling curiga dan
kekesalan dari semua pihak.
3.
Pemberdayaan masyarakat melalui informasi yang mudah diperoleh. Dengan adanya
informasi yang mencukupi, masyarakat akan belajar untuk dapat menentukan
pilihannya.
Sebagai contoh, data-data tentang
sekolah: jumlah kelas, daya tampung murid,
passing grade, dan sebagainya, dapat ditampilkan secara online dan digunakan oleh orang tua untuk memilihkan
sekolah yang pas untuk anaknya.
4.
Pelaksanaan pemerintahan yang lebih
efisien. Sebagai contoh, koordinasi pemerintahan dapat dilakukan melalui e-mail
atau bahkan video confere
Didalam Suatu
Perusahaan Kepuasan Pelanggan itu Sangalah Penting, kepuasan pelanggan merupakan strategi jangka panjang
sebuah perusahaan yang membutuhkan konsumen baik dari segi dana maupun sumber
daya manusia. Kepuasan
merupakan tingkat perasaan konsumen yang diperoleh setelah konsumen melakukan
atau menikmati sesuatu. Teori kepuasan
menyatakan bahwa bila konsumen puas terhadap produk atau jasa maka akan memberikan rekomendasi pada orang lain dan
merasa bangga akan produk atau jasa
tersebut.
2.3 Kehadiran
Teknologi Internet
Kehadiran teknologi internet yang
semakin canggih telah merubah gaya hidup manusia dan tuntutan pada kompetensi
manusia. Kini kehidupan manusia semakin tergantung pada komputer. Hal-hal
berikut menggambarkan besarnya keterlibatan teknologi informasi dalam kehidupan
manusia.
Manfaat TIK dalam bidang sosial antara lain :
1. Sebagai sumber
informasi dan sarana belajar dari masyarakat.
2. Untuk menumbuhkan
jiwa kewirausahaan bagi masyarakat
3. Meningkatkan
informasi kesehatan. Untuk melihat peluang yang lebih luas untuk memasarkan
produk setempat.
4. Mengembangkan
perdagangan melalui e-commerce
Pemanfaatan teknologi
informasi pun dimulai pada saat teknologi informasi dianggap sebagai media yang
dapat menghemat biaya dibandingkan dengan metode konvensional, misalkan saja
pemakaian mesin ketik, kertas, penghapus, tipe-x, dan lain sebagainya yang
cenderung tidak efisien. Sekarang dengan bantuan komputer kita bisa melihat
hasil ketikan di layar monitor sebelum dicetak (paperless) sehingga lebih
effisien dalam waktu dan tempat penyimpanan file.
Setelah dirasakan bahwa
teknologi Informasi dapat menggantikan cara konventional, orang mulai melihat
kelebihan lainnnya, seperti menggantikan sarana pengiriman surat dengan surat
eletronik (e-mail), pencarian data melalui search engine, chatting,
mendengarkan musik, dan sebagainya dimana pada tahapan ini orang sudah mulai
menginvestasikan kepada perangkat komputer. Dari manfaat yang didapatkan,
teknologi informasi mulai digunakan dan diterapkan untuk membantu operasional
dalam proses bisnis.
2.4
Kemajuan Teknologi dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Remaja
Kemajuan teknologi
adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena
kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuanm ilmu pengetahuan.
Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan
manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalammelakukan
aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudahmenikmati
banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkandalam
dekade terakhir ini. Namun demikian, walaupun pada awalnya diciptakan untuk
menghasilkan manfaat positif, di sisi lain juga juga memungkinkan
digunakanuntuk hal negatif.
Perkembangan teknologi
di era sekarang ini sangat pesat. Berbagai kemajuan teknologi dapat kita
peroleh dengan mudahnya. Seiring dengan perkembangan zaman dan pesatnya perkembangan
teknologi itu komunikasi antar manusia dapat dilakukan dengan berbagai alat
atau sarana, salah satunya alat komunikasi yang banyak digunakan saat ini
adalah internet, handphone, facebook, twitter dan lain-lain.
Memang sangat bagus bagi
para remaja, karena bisa menambah wawasan, di internet, kita dapat dengan mudah
menemukan informasi-informasi yang penting diketahui oleh pembaca. Inilah yang
menyajikan kepada kita kekuatan daya imajinasi dan teknologi komunikasi yang
memungkinkan tersebarnya informasi dalam kualitas yang hampir sempurna dalam
waktu yang sangat cepat.
Twitter dan facebook juga
tidak kalah saingnya dengan internet, karena di twitter dan facebook para siswa
bisa bergaul dengan orang lain, meskipun mereka tidak tahu siapa yang diajak
berkenalan, karena itu hanya terjadi didunia maya. Twitter dan facebook sudah
menjadi trend dikalangan remaja, tidak hanya dikalangan siswa saja yang
mempunyai facebook dan twitter, anak-anak dan orang tuapun mempunyai twitter
dan facebook. Terlalu banyaknya peminat atau pengguna facebook dan twitter,
banyak sekali orang-orang yang membuka warnet, tetapi tidak hanya lewat warnet
saja, kitapun dengan mudah bisa membuka twitter dan facebook di handphone.
Dan terlalu banyaknya
pengguna twitter dan facebook, para siswa sekarang jarang sekali yang membuka
internet, padahal di internet kita bisa banyak menemui informasi-informasi yang
penting dan bermakna yang belum pernah kita ketahui, diantaranya informasi di
bidang pendidikan yang memuat tentang pelajaran-pelajaran sehari-hari
disekolah,misalnya tentang rumus-rumus matematika, fisika dan kimia dan juga
latihan soal-soal.
Karena banyak sekali
para siswa pengguna jaringan teknologi informasi (internet). Tidak mengakses
suatu hal yang sewajarnya, mereka telah memanfaatkan dengan menyalah gunakan
kecanggihan teknologi dengan mengakses galeri-galeri yang bernuansa pornografi,
yang semuanya itu sangat tidak wajar bagi para pengguna khususnya para
siswauntuk memanfaatkan dengan menyaksikan tayangan-tayangan budaya asing yang
tidak normatif. Membuka situs-situs video porno, gambar porno tidak sesuai
dengan hal yang dibutuhkan dibidang pendidikan.
Padahal hal seperti ini
bisa membahayakan seorang pelajar, karena diantara mereka ada yang mencoba
melakukan hubungan seks tanpa ada ikatan pernikahan dan juga hubungan seks bisa
juga menimbulkan penyakit seperti HIV atau AIDS. Karena kita tidak tahu,
pasangan yang diajak hubungan seks mempunyai penyakit yang mematikan itu apa
tidak. Hal ini membuat para orang tua dan guru prihatin sekaligus khawatir akan
perkembangan moral mereka.
Masa remaja adalah masa
pencarian jati diri, dan bisa saja dalam proses pencarian jati diri itu remaja tersebut melalui jalan yang benar
atau jalan yang salah. Apabila remaja gagal dalam mengembangkan rasa identitasnya,
maka remaja akan kehilangan arah. Memang kemajuan teknologi saat ini tidak bisa
dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Berbagi informasi yang terjadi diberbagai
belahan dunia kini telah dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi
( Globalisasi
Pada hakikatnya,
kemajuan teknologi dan pengaruhnya dalam kehidupan adalah hal yang tak dapat
kita hindari, dikarenakan saat ini dapat kita lihat betapa kemajuan teknologi
yang telah mempengaruhi gaya hidup dan pola piker masyarakat, terutama di kalangan
remaja. Memang pengaruh kemajuan teknologi zaman dahulu dan di zaman sekarang
berbeda, di zaman dahulu teknologi belum secanngih di era zaman sekarang.
Semakin canggihnya dunia teknologi, semakin canggih pula cara orang menyampaikan informasi. Dengan semaraknya media informasi seperti sekarang ini, di satu sisi memberikan kita dampak yang positif, tapi di sisi lain jusru menjadi bumerang bagi keberlangsungan hidup para generasi muda Islam terutama para remaja muslimah.
Dengan adanya informasi yang
semakin mudah didapatkan, membuat mudah pula kita mengetahui kejadian yang
sangat jauh dari kehidupan kita. Untuk mengetahui keadaan Amerika hari ini,
tidak usah pergi ke Amerika, atau menelpon George W Bush atau pusat informasi
di Amerika, tapi dengan berbaring di atas kasur dalam kamar, sambil memegang
remote control televisi, maka kita sudah tahu kejadian hari ini di Amerika.
Itulah salah satu bukti canggihnya teknologi masa kini.
Tapi, maraknya
kekerasan, pelecehan, hilangnya tata krama, berubah drastisnya budaya,
lunturnya norma agama dan tindakan-tindakan negatif lainnya, juga tidak lepas
dari peran media yang hanya mencari keuntungan, tanpa memikirkan
bagaimana generasi muda. Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari
kehidupan masyarakat. Berbagai informasi yang terjadi di berbagai belahan dunia
kini telah dapat langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi (globalisasi).
Kalau dahulu kita mengenal kata pepatah “dunia tak selebar daun kelor”,
sekarang pepatah itu selayaknya berganti; "dunia saat ini selebar daun
kelor", karena cepatnya akses informasi di berbagai belahan dunia membuat
dunia ini seolah semakin sempit dikarenakan kita dapat melihat apa yang terjadi
di Amerika meskipun kita berada di Indonesia Tentu kemajuan teknologi ini
menyebabkan perubahan yang begitu besar pada kehidupan umat manusia dengan
segala peradaban dan kebudayaannya.
Perubahan ini juga memberikan dampak yang
begitu besar terhadap transformasi nilai-nilai yang ada di masyarakat.
Khususnya masyarakat dengan budaya dan adat ketimuran seperti Indonesia. Ketika
memutuskan untuk memberikan HP kepada anak, alangkah baiknya orang tua juga
mengawasi dan mengarahkan anak agar anak tidak lepas kontrol dalam menggunakan
HP. Tidak ada salahnya sewaktu-waktu kita memeriksa HP anak untuk mengetahui
isi yang ada di dalamnya dengan meminta ijin anak terlebih dahulu.
Karena dengan meminta ijin, anak akan merasa
dihargai dan itu memberikan pengaruh yang besar terhadap pribadinya dan juga
membentuk kesan positif dalam diri mereka tentang pribadi kita sebagai orang
tua. Ketika kita dapati mungkin ada video porno di HP anak, jangan langsung
bersikap menghakimi dan menghukum layaknya seorang polisi, akan tetapi alangkah
baiknya kita tanyakan kepada anak darimana dia mendapat video itu dan untuk apa
dia menyimpannya. Apapun jawaban anak, orang tua tidak boleh bersikap
menghakimi dan menyalahkan anak, apalagi memarahi anak dan berlaku ringan
tangan.
Akan tetapi kita ajak anak berdiskusi/sharing mengenai hal tersebut, apa
hal itu bermanfaat dan apa dampaknya bagi anak, dan jangan lupa, ketika
berdiskusi, kita juga harus mendengarkan pendapat anak dan memberikan
pengarahan yang tepat. Karena apapun alasannya, kekerasan tidak menyelesaikan
masalah, sekali kita berlaku kasar apalagi main tangan terhadap anak kita,
sesungguhnya kita telah menorehkan luka dihatinya, yang sampai kapanpun luka
itu tidak akan pernah sembuh dan akan terus membekas di sanubarinya.
Selain HP, kemajuan teknologi juga di tandai dengan masuknya akses
internet, internet saat ini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari
kehidupan remaja. Lewat internet, mereka bisa mengakses segala informasi dari
seluruh dunia. Tentu tak semua informasi yang disajikan adalah informasi yang
layak di akses oleh remaja. Karena terkadang lewat internet mereka dapat dengan
bebas menyaksikan segala hal yang berbau pornografi dan pornoaksi yang memang
dapat di akses dengan mudah di dunia maya (internet).
Hal ini tentu
menimbulkan efek yang kurang baik bagi perkembangan kepribadian remaja. Dari
yang semula mereka merasa tabu tentang seks, sampai akhirnya mereka melihat
seksualitas yang di obral di internet tanpa pengarahan serta bimbingan yang
tepat dan mereka merasa penasaran bahkan mencobanya. Karena itu, tak heran jika
saat ini pergaulan remaja menjadi sangat mengkhawatirkan dan meresahkan
masyarakat terutama para orang tua.
Teknologi dapat memberi
efek ketergantungan seperti pada media komputer yang memiliki kualitas atraktif
yang dapat merespon segala stimulus yang diberikan oleh penggunanya. Terlalu
atraktifnya, membuat penggunanya seakan-akan menemukan dunianya sendiri
yang membuatnya terasa nyaman dan tidak mau melepaskannya. kita bisa
menggunakan komputer sebagai pelepas stress dengan bermain games yang ada.
Ketergantungan dapat
ditanggulangi atau diminimalisasikan dengan adanya bantuan dari lingkungan dan
orang-orang sekitar kita, yang dapat menyadarkan pengguna addict tersebut
dengan menawarkan kegiatan lain yang lebih menarik dari pada yang ditawarkan
oleh komputer. Serta memberikan motivasi untuk memperbanyak kegiatan di luar
rumah (menyibukkan diri) seperti olahraga, traveling, bersosialisasi dengan
teman, maka akan lebih sedikit waktu yang dihabiskan di depan komputer.
Kemajuan teknologi
berdampak pada kemudahan akses terhadap setiap teknologi sepeti ponsel,
komputer, tablet, atau pun laptop. Permasalahannya, ketika anak kecil mulai
kecanduan internet hal itu memberikan pengaruh terhadap perkembangan mental dan
psikologisnya. Para peneliti sejak lama mengamati hal ini. Sekian lama mengkaji
dan menelaah dampak internet pada anak, mereka memutuskan untuk memasukan
kecanduan internet pada anak tergolong pada gangguan mental.
Hal itu juga termasuk
pada mereka yang kecanduan ponsel pintar, atau komputer rumahan sekalipun.
Peneliti Australia yang tergabung dalam Masyarakat Psikologis Australia (PSA)
telah menyampaikan usulannya itu kepada masyarakat internasional. Ketika itu
diterima, maka akan dilakukan studi lanjutan guna memastikan kelayakan usulan
tersebut. Peneliti Universitas Teknologi Swinburne, Mike Kyrios mengatakan
studi lanjutan akan dilaksanakan dengan harapan para profesional kesehatan
dapat mendiagnosa anak-anak terkait prilaku adiktif sebagai dampak dari
penggunaan teknologi secara berlebihan. Mereka, nantinya akan memberikan solusi
penyembuhan ketergantungan tersebut.
Secara umum, penggunaan teknologi berlebihan dapat menjadi masalah potensial, Psikolog Emil Hodzic menyambut baik niatan itu sebab terdapat banyak permintaan orang tua terkait masalah kecanduan teknologi. Jika anak mulai frustrasi hal tersebut berbahaya. Dimana biasanya tanda khas dari kecanduan adalah adanya gejala penarikan diri. Ia mengungkapkan sebanyak 70 persen kliennya adalah anak-anak dan remaja. Mereka yang datang kebanyakan mengaku kesulitan untuk tidak mengakses internet.
Sementara itu, Psikiater
Rhoshel Lenroot cukup berhati-hati dengan usulan tersebut. Sebab, inti
permasalahan yang ada adalah tidak adanya ketidakseimbangan. "(Sebenarnya)
tidak ada yang salah dengan teknologi," ujarnya.
Berikut adalah gejala kecanduan teknologi :
1. Lupa waktu atau
mengabaikan hal-hal yang mendasar saat mengakses internet terlalu lama.
2. Menarik diri
seperti merasa marah, tegang, atau depresi ketika internet tidak bisa diakses.
3. Kebutuhan akan peralatan
komputer yang lebih baik dan lebih banyak untuk dimiliki memiliki derajat
kepuasan yang sama.
4. Sering berkomentar, berbohong, rendahnya
prestasi, menutup diri secara sosial, dan kelelahan. Ini merupakan dampak
negatif dari penggunaan internet yang berkepanjangan.
5. Kurang perhatian,
gangguan hiperaktif, depresi, kecemasan, rendah kepercayaan diri, impulsif, tak
tahu malu, dan cenderung mau bunuh diri.
Menurut para ahli
psikologi masa remaja merupakan masa yang paling rentan dalam perkembangan
kejiwaan anak. Pada usia remaja ini, anak telah meninggalkan usia kanak-kanak
dimana mereka tidak dapat disebut lagi sebagai anak kecil, tapi juga belum bisa
di terima dalam kelompok orang dewasa. Pada masa ini anak telah mulai
mencari-cari siapa dirinya sebenarnya (looking for identity/Identity
formation), berusaha untuk menemukan kelompok atau teman-teman yang mau
mengakui kemampuan dan menghargai dirinya dan telah mulai memiliki minat
terhadap lawan jenis (minat seksual).
Masa remaja adalah masa pencarian jati diri, dan bisa saja dalam proses
pencarian jati diri itu remaja tersebut melalui jalan yang benar atau jalan
yang salah. Apabila remaja gagal dalam mengembangkan rasa identitasnya, maka
remaja akan kehilangan arah, bagaikan kapal yang kehilangan kompas, dan itu
akan berdampak tidak baik terhadap perkembangan kepribadiannya dimasa yang akan
datang. Itulah kenapa, masa remaja adalah masa yang paling rawan terhadap
pengaruh yang datang dari luar. Baik pengaruh positif ataupun pengaruh negatif,
disinilah peran sebagai orang tua di butuhkan untuk dapat membimbing dan
mengarahkan anak remaja agar tidak kehilangan kontrol dirinya (self control).
2.5
Dampak Positif dan Negatif Perkembangan Teknologi Bagi Remaja
A. Pengaruh kemajuan teknologi
bagi remaja dalam dampak positif.
Perkembangan teknologi
di era sekarang ini sangat pesat. Berbagai kemajuan teknologi dapat kita
peroleh dengan mudahnya. Seiring dengan perkembangan zaman dan pesatnya
perkembangan teknologi itu komunikasi antar manusia dapat dilakukan dengan
berbagai alat atau sarana, salah satunya alat komunikasi yang banyak digunakan
saat ini adalah internet, handphone, facebook, twitter dan lain-lain.
Memang sangat bagus bagi
para remaja, karena bisa menambah wawasan, di internet, kita dapat dengan mudah
menemukan informasi-informasi yang penting diketahui oleh pembaca. Inilah yang
menyajikan kepada kita kekuatan daya imajinasi dan teknologi komunikasi yang
memungkinkan tersebarnya informasi dalam kualitas yang hampir sempurna dalam
waktu yang sangat cepat.
Twitter dan facebook
juga tidak kalah saingnya dengan internet, karena di twitter dan facebook para
remaja bisa bergaul dengan orang lain, meskipun mereka tidak tahu siapa yang
diajak berkenalan, karena itu hanya terjadi didunia maya. Twitter dan facebook
sudah menjadi trend dikalangan remaja, tidak hanya dikalangan remaja saja yang
mempunyai facebook dan twitter, anak-anak dan orang tuapun mempunyai twitter
dan facebook.
Terlalu banyaknya
peminat atau pengguna facebook dan twitter, banyak sekali orang-orang yang
membuka warnet, tetapi tidak hanya lewat warnet saja, kitapun dengan mudah bisa
membuka twitter dan facebook di handphone. Dan terlalu banyaknya pengguna
twitter dan facebook, para remaja sekarang jarang sekali yang membuka internet,
padahal di internet kita bisa banyak menemui informasi-informasi yang penting
dan bermakna yang belum pernah kita ketahui, diantaranya informasi di bidang
pendidikan yang memuat tentang pelajaran-pelajaran sehari-hari disekolah,misalnya
tentang rumus-rumus matematika, fisika dan kimia dan juga latihan soal-soal.
Karena banyak sekali
para remaja pengguna jaringan teknologi informasi (internet). Tidak mengakses
suatu hal yang sewajarnya, mereka telah memanfaatkan dengan menyalah gunakan
kecanggihan teknologi dengan mengakses galeri-galeri yang bernuansa pornografi,
yang semuanya itu sangat tidak wajar bagi para pengguna khususnya para remaja
untuk memanfaatkan dengan menyaksikan tayangan-tayangan budaya asing yang tidak
normatif. Membuka situs-situs video porno, gambar porno tidak sesuai dengan hal
yang dibutuhkan dibidang pendidikan.
Padahal hal seperti ini bisa membahayakan
seorang pelajar, karena diantara mereka ada yang mencoba melakukan hubungan
seks tanpa ada ikatan pernikahan dan juga hubungan seks bisa juga menimbulkan
penyakit seperti HIV atau Aids. Karena kita tidak tahu, pasangan yang diajak
hubungan seks mempunyai penyakit yang mematikan itu apa tidak. Hal ini membuat
para orang tua dan guru prihatin sekaligus khawatir akan perkembangan moral
mereka.
Masa remaja adalah masa
pencarian jati diri, dan bisa saja dalam proses pencarian jati diri itu remaja
tersebut melalui jalan yang benar atau jalan yang salah. Apabila remaja gagal
dalam mengembangkan rasa identitasnya, maka remaja akan kehilangan arah. Memang
kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat.
Berbagi informasi yang terjadi diberbagai belahan dunia kini telah dapat
langsung kita ketahui berkat kemajuan teknologi (Globalisasi).
Pada hakikatnya, kemajuan teknologi dan pengaruhnya dalam kehidupan
adalah hal yang tak dapat kita hindari, dikarenakan saat ini dapat kita lihat
betapa kemajuan teknologi yang telah mempengaruhi gaya hidup dan pola piker
masyarakat, terutama di kalangan remaja. Memang pengaruh kemajuan teknologi
zaman dahulu dan di zaman sekarang berbeda, di zaman dahulu teknologi belum
secanngih di era zaman sekarang.
Internet membuat pola
pikir anak menjadi lebih terbuka dan bisa menumbuhkan daya kreativitas anak. Dengan
banyak duduk di depan komputer untuk mengakses internet, maka anak akan
memiliki koordinasi yang baik antara mata, otak, dan tangan. Internet juga bisa
memberikan dampak yang positif bagi anak dalam memecahkan masalah yang sedang
mereka hadapi.
Dengan sering
berhubungan dengan dunia internet, membuat anak menjadi lebih bisa berfikir
kritis dan berkonsentrasi pada suatu hal Internet bisa mengasah kemampuan anak
dalam bidang verbal dan non verbal. Cara berfikir logis juga bisa ditumbuhkan
melalui internet. Kemampuan kognitif memori anak bisa berkembang dengan pesat
bila anak sering mengakses internet.
B. Pengaruh kemajuan
teknologi bagi remaja dalam dampak negatif.
Teknologi informasi dan
komunikasi sudah ada sejak zaman modern. Teknologi trsebut biasa dikenal dengan
komputer, internet dan lain-lain. Komputer sejak dulu sudah sering digunakan di
semua kalangan, di kalangan pelajar sekarang juga sudah banyak yang menggunakan
komputer untuk pelajaran. Dan alat canggih tersebut juga sudah sangat bermanfaat
bagi orang-orang yang pekerjaaannya bersangkut paut dengan alat tersebut. Apa
lagi sekarang juga sudah ada alat komputer yang lebih praktis di bawa
kemana-kemana yaitu laptop.
Laptop tidak hanya digunakan orang-orang penting saja, pelajar pun
mamakai laptop untuk proses belajar menagajar. Di samping komputer yang begitu
sangat bermanfaat itu, sekarang juga sudah ada internet. Internet adalah sebuah
jaringan komputer yang digunakan untuk mencari sebuah informasi yang ingin kita
ketahui. Di dalam internet kita bias surfing mengenai beberapa hal, misalnya
sebagai inspirasi untuk belajar mengenai pelajaran, dan masih banyak lagi yg
bias kita lakukan.
Di jaringan internet
kita juga bias mendunia, misalnya ingin mengetahui mengenai Negara lain atau
informasi-informasi mengenai Negara tersebut. Imternet sangat bermanfaat
apabila kita bias menggunakannya. Tetapi ada juga yang salah menggunakannya,
misalnya untuk membuka situs-situs yang berbau pornografi. Itu salah besar.
Biasanya hal tersebut di
lakukan para remaja zaman sekarang. Sebaiknya sebagai remaja/pelajar yang
mengaku berpendidikan, tidak membuka situs-situs yang berbau tersebut. Itu akan
sangat meruusak otak kita dan akan mencemari otak kita. Dan akan lebih baik
jika kita membuka situs-situs pelajaran yang sangat bermanfaat bagi kita. Apa
lagi bagi anak-anak kelas XII ( dua belas ) yang akan menghadapi ujian, mereka
bias membuka contoh-contoh latihan soal untuk ujian.
Selain itu, di internet
juga kita bias mengenal dunia maya, banyak jejaring sosial yang bias kita
gunakan yaitu facebook, twitter, plurk, chip dan masih banyak lagi. Jejaring
sosial itu sudah banyak digunakan semua orang. Disitu juga dampak positif dan
negatifnya. Bebarapa dampak positif dari jejaring sosial, kita bisa menjumpai
teman-teman yang mungkin kita sudah lama kita tidak berjumpa dengan dia,
mencari teman baru yang belum kita kenal dan masih banyak lagi manfaatnya.
Ada juga para remaja yang salah menggunakannya
yaitu untuk ajang berpacaran, bertemu dengan belum kita kenal sepenuhnya, dan
akhirnya menjadi berdampak buruk bagi mereka. Banyak juga yang melakukan
tindakan kriminal di jejaring sosial. Sebenarnya, pengaruh kemajuan teknologi
sangat bermanfaat bagi remaja. Tetapi masih banyak dampak negatif yang bisa kita
temui, banyak yang terlalu asyik bermain internet ( jejaring sosial ) mereka
sampai lupa waktu dan lupa apa yang harus dia kerjakan/kewajiban dia.
Para remaja yang membuka
situs-situs ponografi juga banyak yang meniru perbuatan yang tidak baik tersebut
dan akhirnya menjadikan pergaulan bebas bagi mereka. Masih banyak lagi dampak
negatifnya apabila kita salah menggunakannya. Beberapa hal yang harus kitra
lakukan agar para remaja tidak salah menggunakan jaringan internet; yaitu
kembali atas kesadaran diri klita sendiri-sendiri. Kita seharusnya sadar bahwa
hal yang kita lakukan itu salah, apabila kita mengaku sebagai remaja yang baik
dan bercita-cita akan menjadi generasi muda Indonesia yang baik, kita tidak
sewajarnya melakukan hal negatif tersebut. Yang itu akan merugikan diri kita
sendiri.
Dunia ini diciptakan
berpasang-pasangan, ada positif ada negatif, maka selain dampak postifnya,
Pengaruh Teknologi dalam permainan anak juga memiliki beberapa dampak negatif,
yang sebagian sudah dibahas diatas, yaitu :
1. Kuper atau kurang
sosialisasi
Tidak adanya sosialisasi
dengan dunia luar dapat membentuk dunia mereka sendiri dan mengurung diri,
apatis terhadap dunia nyata, bahkan dibeberapa kondisi, jika tak ada komunitas
bukan tak mungkin anak menjadi seorang anti-sosial dan lunatik.
2. Kecanduan bermain
game
Hal yang
paling sering kita temui sekarang ini, Game Center adalah tujuan anak
setelah pulang sekolah, uang jajan yang harusnya digunakan untuk jajan atau membeli keperluan sekolah, mereka
habiskan untuk memenuhi rasa
candu mereka.
3. Kesehatan
Seharian didepan
komputer, tidak makan tidak minum, mata fokus kelayar monitor yang merusak
mata, tentu saja dapat mengurangi kebugaran fisik anak,atau bahkan menyebabkan
penyakit, seperti miopi atau rabun dekat, silinder, ambeien karena duduk
terlalu lama, kebugaran fisik yang berkurang.
4. Moral
Permainan sekarang banyak menampilkan fitur pemukulan, pembunuhan,
pencurian, perampokan, hingga seks.
5. Kriminalitas
Lanjutan beberapa point diatas, jika uang sudah habis, dan orang tua
tidak mau memberi lagi, apa yang dapat dilakukan, jika otak mereka sudah tak
beres dan juga minim pengarahan, bukan tak mungkin uang dibalik pakain dapat
diambil, atau sekedar uang orang yang ketinggalan digame center, kriminalitas
lainnya mungkin kekerasan ,bukan tidak mungkin tawuran sekarang karena mereka
terlalu sering bermain.
6. Kurangnya
kreativitas dan imajinasi
Beberapa game hanya mengandung unsur moral yang rendah, imajinasi dan
kreativitas sudah tidak dibutuhkan seperti pecandu narkoba, mereka tak dapat
berkreativitas lagi
2.6 Solusi
Solusi yang tepat untuk menghadapi masalah-masalah yang dijelaskan dalam
masalah ini adalah peran orang tua. Karena disini peranan dari kedua orang tua sangatlah penting. Kedua
orang tua diharapkan dapat membimbing dan mengawasi anak-anaknya dalam
menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sehingga anak-anak dapat
mengerti hal apa saja yang termasuk hal yang baik dan hal yang kurang baik. Dan
juga terdapat beberapa cara untuk mencegah dampak-dampak negatifnya.
1. Orang tualah yang
seharusnya mengenalkan internet pada anak, bukan orang lain. Mengenalkan
internet berarti pula mengenalkan manfaatnya dan tujuan penggunaan internet.
2. Gunakan software
yang dirancang khusus untuk melindungi ‘kesehatan’ anak. Misalnya saja program
nany chip atau parents lock yang dapat memproteksi anak dengan mengunci segala
akses yang berbau seks dan kekerasan.
3. Letakkan komputer
di ruang publik rumah untuk mempermudah pengawasan.
4. Tanamkanlah nilai
kebersamaan terhadap sesama, karena kebersamaan akan mewujudkan hubungan serta
emosi yang sangat dekat.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa
pada zaman dahulu berkomunikasi sangat sulit, berbeda dengan zaman sekarang
ini. Perkembangan teknologi komunikasi sangat pesat dan sangat mudah. Hampir
semua orang sekarang dapat berkomunikasi dengan cepat dan mudah. Sesuai dengan
perkembangan zaman teknologi komunikasi semakin berkembang dan terus
berkembang. Dengan adanya perkembangan yang semakin canggih kita dapat mudah
terhubung dengan daerah – daerah lain dengan cepat dan mudah.
Dan teknologi itu sama
dengan sebuah pisau yang bisa membawa manusia ke dua arah yang berbeda, yang
pertama bisa membawa manusia ke jalan yang baik dengan segala kecanggihan yang
dimiliki membuat manusia mendapat kemudahan di segala bidang (dampak positif)
sedangkan yang kedua bisa membawa manusia ke dalamkesengsaraan yang disebabkan
oleh penyalahgunaan kemajuan teknologi itu sendiri sendiri (dampak negatif)
oleh karena itu kemajuan teknologi itu bisa berdampak positif dan dapat pula
berdampak negatif, tergantung ke arah mana kita menjalankannya.
Perkembangan
teknologi informasi Indonesia sangat dipengaruhi oleh kemampuan sumber daya
manusia dalam memahami komponen teknologi informasi, seperti perangkat keras
dan perangkat lunak komputer; sistem jaringan baik berupa LAN ataupun WAN dan
sistem telekomunikasi yang akan digunakan untuk mentransfer data.
Kebutuhan
akan tenaga yang berbasis teknologi informasi masih terus meningkat; hal ini
bisa terlihat dengan banyaknya jenis pekerjaan yang memerlukan kemampuan di
bidang teknologi informasi di berbagai bidang; juga jumlah SDM berkemampuan di
bidang teknologi informasi masih sedikit, jika dibandingkan dengan jumlah
penduduk Indonesia. Keberadaan bisnis yang tersebar di banyak tempat dengan
berbagai ragam perangkat keras dan lunak mulai menyadari tentang betapa pentingnya
untuk mempercayakan dukungan bagi keberhasilan pengolahan data komputernya
kepada satu sumber yang dapat dipercaya.
3.2 Saran
1.
Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pendidikan baik di
sekolah atau perguruan tinggi menjadi hal mutlak mengingat kondisi permasalahan
yang makin kompleks. Pendidikan berbasis TIK hanya akan berhasil apabila
dikelola dan ditangani dengan terencana, sistematis, dan terintegrasi.
2.
Perencanaan dalam pemanfaatan TIK dalam pendidikan yang integratif meliputi
kebijakan, standarisasi mutu, infrastruktur jaringan dan konten, kesiapan dan
kultur SDM pendidikan menjadi penting untuk ditata dan dikelola dengan efektif
dan efisien.
3.
Penyelenggaraan pendidikan berbasis TIK melalui pendidikan terbuka dan jarak
jauh (e-Learning), membutuhkan dukungan dari semua pihak khususnya, pemerintah,
swasta serta masyarakat untuk mengalokasikan anggaran dan investasi pendidikan
yang memadai.
DAFTAR
PUSTAKA
5. Dampak dari
teknologi informasi dan komunikasi di bidang pendidikan di kutip dari http://risyana.wordpress.com/2009/04/13/keuntungan-dan-kerugian-dalam-penggunaan-teknologi-informasi-dan-komunikasi-tik/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar