Rabu, 03 Januari 2018

Keuntungan dan Kerugian Mengikuti Organisasi Profesi Dalam Masyarakat

Keuntungan dan Kerugian Mengikuti Organisasi Profesi Dalam Masyarakat

Keuntungan dan Kerugian Mengikuti Organisasi Profesi Dalam Masyarakat
Keuntungan
1.    Dapat mencapai tujuan yang diharapkan bersama dengan lebih efisien
Terbentuknya suatu organisasi tentu memiliki suatu tujuan yang berkaitan dengan hajat para anggota yang ingin hendak dicapai. Dan salah satu manfaat yang bisa didapatkan dari berorganisasi adalah bisa tercapainya tujuan tersebut dengan lebih mudah. Mengapa demikian? Karena seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa dalam sebuah organisasi terdapat struktur pembagian kerja serta struktur tata hubungan kerja bagi setiap anggotanya, sehingga meskipun masing-masing  anggota memiliki peran sendiri-sendiri akan tetapi satu dengan lainnya saling berkaitan, sehingga proses penyelesaian untuk mencapai tujuan tersebut bisa lebih cepat dan mudah.
2.    Permasalahan dapat teratasi dengan mudah
Dalam suatu kehidupan, khususnya kehidupan berorganisasi, timbulnya permasalahan merupakan hal yang sudah biasa terjadi. Hal itu disebabkan karena masing-masing anggota memiliki karakter dan pendapat yang berbeda-beda. Dan tentu saja dalam kehidupan organisasi, masalah yang timbul tidak hanya dibebankan atau diputuskan oleh salah satu anggota saja, akan tetapi seluruh anggota harus ikut aktif dalam memecahkan permasalahan yang timbul tersebut agar tidak memberikan dampak akibat konflik sosial yang terjadi di dalam masyarakat. Dengan demikian, maka para anggota akan terlatih tentang bagaimana bersikap serta menyikapi setiap permasalahan yang timbul dalam kehidupan masyarakat.
3.    Timbulnya semangat kerjasama
Mau tidak mau setiap anggota organisasi dituntut untuk ikut serta dalam setiap hal yang berkaitan dengan organisasi tersebut.  Dan dalam setiap hal yang berkaitan dengan orang banyak tentu tidak dapat dibebankan hanya pada satu orang saja, tetapi dibutuhkan kerjasama dari anggota lainnya. Dengan demikian, setiap anggota akan terpacu semangatnya untuk saling bekerja sama agar tujuan yang hendak mereka capai bisa terwujud.
4.    Mengembangkan kemampuan public speaking
Bagi sebagian orang, memiliki kemampuan dan keberanian untuk berbicara di depan umum merupakan hal yang tidak mudah, butuh waktu yang lama untuk melatih dirinya dapat memiliki kemampuan tersebut. Organisasi merupakan suatu wadah yang tepat bagi seseorang untuk dapat melatih dan mengembangkan kemampuan serta keberanian seseorang terkait public speaking, seperti menyampaikan pendapat, berpidato, dan lain sebagainya.
5.    Melatih jiwa kepemimpinan
Ada ungkapan yang menyatakan bahwa “Setiap orang dari kamu adalah pemimpin dan kamu bertanggung jawab terhadap kepemimpinan.” Maksud dari pernyataan tersebut adalah bahwa setiap orang pasti akan menjadi seorang pemimpin, baik itu bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain. Organisasi merupakan suatu wadah di mana jiwa kepemimpinan dalam diri kita bisa terasah, yaitu dengan mengedepankan kepentingan umum dibanding kepentingan pribadi. Selain itu, dalam suatu organisasi seseorang diajarkan bagaimanakah cara mengambil keputusan yang bijak dengan tidak merugikan pihak manapun.
6.    Dapat melatih seseorang untuk berinteraksi dengan berbagai karakter yang berbeda
Suatu organisasi tentu terdiri lebih dari satu orang, di mana orang yang satu dan yang lainnya memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda. Hal ini akan membantu melatih seseorang untuk dapat berinteraksi dengan orang yang lainnya tanpa membeda-bedakan satu dan lainnya.
7.    Memperluas wawasan dan pengetahuan seseorang
Kegiatan seminar, lokakarya, pelatihan, maupun kegiatan-kegiatan lain merupakan salah satu agenda yang ada dalam suatu organisasi seiring berjalannya pengaruh globalisasi. Dengan adanya kegiatan-kegiatan tersebut nantinya akan dapat membantu menambah wawasan,pengetahuan, serta kompetensi yang dimiliki setiap orang yang bergabung di dalam organisasi tersebut.
8.    Dapat memperluas pergaulan seseorang
Dalam suatu organisasi terdapat keterkaitan di antara anggota yang satu dengan anggota lainnya. Ini adalah sebagai akibat dari interaksi dan kerjasama yang terjadi di antara sesama anggota organisasi tersebut. Dengan demikian maka hubungan pertemanan seseorang akan menjadi lebih luas.
Kerugian

 1.  Pengeluaran makin bertambah (materi) 
Dengan adanya kegiatan organisasi maka secara otomatis pengeluaranpun akan                                                ikut bertambah mulai dari pengeluaran ongkos maupun uang bensin jikalau organisasi melakukan pertemuan-pertemuan. Belum lagi uang makan dan minuman serta aksi-aksi sosial yang ingin dilakukan pada senuah organisasi. 
 2.  Waktu berkomunikasi sama keluarga berkurang
     Karena waktu yang panjang saat bertemu dengan sebuah organisasi maka secara                    otomatis waktu bersama keluargapun ikut berkurang mulai dari pulang yang agak      telat atau larut malam belum lagi pertemuan-pertemuan yang menyita waktu    sehingga keluarga di nomor dua kan membuat waktu bersama keluarga semakin    sedikit. 
3.   Waktu Istirahat Yang Kurang
      Pada saat seseorang mengikuti sebuah organisiasi maka kemungkinan orang     tersebut memiliki sedikit waktu istirahat karena padatnya pertemuan-pertemuan     pada organisasi tersebut.
4.   Kemungkinan Sakit Lebih Besar
      Hampir sama seperti yang nomer tiga, karena padatnya jadwal organisasi yang                mengakibatkan kurangnya istirahat sehingga menyebabkan sakit karena cukup             lelahnya jadwal pertemuan-pertemuan pada sebuah organisasi.
Sumber :
https://guruppkn.com/manfaat-organisasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar